Pengelompokan Game #PETGAME

Category :

Yuuhhhuuuu hehehe
hari ini saya akan membahas akan pengelompokan game nih :D
semoga tidak bosan ya dengan saya xD

kita mulai saja yak :)

jika kita membahas akan game tentu kita bertanya-tanya, game itu terdiri atas genre apa aja sih? musik saja banyak genrenya masa game tidak? iya kan? nahh di sini saya akan membahas tentang pengelompokan game berdasarkan Platform dan jenis game nya :)

langsung aja yuks...

Pengelompokan berdasar platform

1. PC Games


PC games adalah game yang hanya bisa digunakan pada perangkat komputer saja tanpa jenis tambahan software apapun seperti emolator. contoh dari game komputer di jama ini adalah DOTA2 Online, Dragon Nest. Naruto Ninja Strom, Chess, Poker, dsb.

2.  Game Console
Console game adalah game yang digunakan pada perangkat khusus yang yaitu konsole game, kalau belum tahu jenis konsol nya bisa berkunjung ke sini yak.

3. Handle Game
Pernah bermain GameBot?? GameBot merupakan salah satu handle Game, PsP pun termasuk game Handle.

4. game Mobile
Game Mobile adalah game yang hanya bisa di mainkan dalam perangkat device mobile.

saya sudah membahas tentang platform nya sekarang saya akan membahas tentang genre nya yuks di simak.

Pengelompokan Game Berdasarkan Genre-nya

1. Game Action
jenis game yang satu ini adalah game yang menggunakan refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Ini mungkin merupakan genre dasar dari sebuah permainan, dan yang memiliki permainan terbanyak. oh iya Game Action ini memiliki Sub-Genre ya seperti : FPS, TPS, Fighting 


Contoh Video Trailer Action Game
Dying Light "Run Boy Run"




2. Fighting Game
Fighting game adalah jenis game bertarung. Seperti dalam arcade, biasanya pada game jenis fighting kita dapat memilih karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda kita dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Jenis fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit atau dibatas  luas arena pertarungannya.
Contoh game Fighting : Mortal Combat, Tekken, dsb

Contoh Video Fighting Game
Street Fighter V



3. First Person Shooter (FPS)
 FPS (First Person Shooter) adalah jenis game tembak-tembakan dengan tampilan pada game tersebut yaitu tokoh yang sedang kita mainkan, biasanya cara pandangnya hanya memperlihatkan tangan dan senjatanya saja. Game fps ini memilik misi-misi untuk suatu tujuan tertentu. Ciri khas game ini adalah penggunaan senjata jarak jauh.
Contoh game Fps: Cross Fire, Point blank, Counter Strike dll
Contoh Video trailer game FPS
Assault Fire : CG

4. Third Person Shooter (TPS)
mirip dengan FPS. Game tembak menembak ini hanya berbeda pada sudut pandang pemain. Biasanya game ini akan menampilkan pemain tampak setengah badan atau sudut pandang orang ketiga. Contoh game ini ialah Dead Space hingga Hallo.
Contoh Video GAME TPS
Dead Space

5. Real Time Strategy (RTS)
Game jenis ini menitikberatkan unsur strategi. Game ini memerlukan kemampuan pemain untuk memimpin sebuah pasukan, kemudian mengelola sumber daya hingga membangun peradaban. Tak heran bila game ini memiliki waktu permainan yang lebih lama dan bisa dikerjakan santai. Setelah pembangunan selesai, kamu bisa berperang dengan pasukan lain untuk merebut kekuasaan. Maka dibutuhkan strategi yang pas dan hati-hati agar pasukan bisa menang dan wilayah sendiri tidak diserang. Contoh game jenis ini ialah Dota, Age of Empires, COC ,dsb
Contoh Video Game RTS
Dota2

6. Role Playing Game (RPG)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly).
Contoh : Monopoly, Atlantica Online, Ninja saga, Fina fantasy, dll
Contoh Video Game RPG
Dragon Nest

7. Adventure
Adventure Game game yang mengutamakan masalah eksplorasi, perjalanan demi perjalanan, dilewati untuk mencapai tujuan pada game tersebut dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik, game yang sangat cocok untuk anda jiwa petulang
Contoh Adventure game: Indiana Jones, God of War, Tomb Raider, Assasins Creed dll
Contoh Video game Adventure
Tomb raider

8. Simulation
Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas. Contoh game ini ialah The Sims dan Sim City.
Contoh Video Game Simulation
Truck Simulation

9. Sport Game
Game jenis ini hadir untuk para pemain yang gemar olah raga. Game ini memiliki gameplay berbagai jenis olahraga di dunia. Intinya, pemain akan melakukan pertandingan olahraga secara virtual. Conton game jenis ini ialah Pro Evolution Soccer hingga NBA 2015.
Contoh Video game Sport
PES 2016

10. Racing Game
Racing game yaitu video game yang menuntut keterampilan para pemainnya untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap. Game yang memacu adrenaline para pemainya untuk jadi nomor 1 dalam balapan.
Contoh Racing game: Need for Speed, Carbon, Grid dll
Contoh Video game racing
Need For Speed

11. Multiplayer Game
Jenis game ini terbilang sedang tren di pasar Indonesia. Dalam game ini pemain akan bermain secara bersamaan dengan lebih dari 2 orang bahkan bisa ribuan orang bila memainkannya secara online. Pemain akan berada di sebuah dunia virtual untuk melawan musuh. Rata-rata game ini menggunakan konsep strategi walaupun ada pula genre lainnya. Contoh game ini Clash of Clan, Warcraft hingga Ragnarok.
Contoh Video game Multiplayer
ragnarok


Nah berikut adalah pengelompokan game berdasarkan dari Plateform dan Genre nya. sekian nih bahasnya saya juga agak lelah menulis dan mencari referensi nya hehehe.

Referensi :
Youtube.com
http://renacesta.net/jenis-jenis-genre-game/
http://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu
http://forum.indogamers.com/showthread.php?t=414475
http://www.barayagame.com/2015/09/macam-macam-genre-dalam-game.html

0 komentar:

Posting Komentar