Sejarah game #PETGAME

Category :

yuhhhuuuuuuuuu :D
lama tidak posting kembali hehehehe :D

oh iya dipostingan ini saya ingin membahas tentang game, ya walaupun saya akan membahas akan sejarah game saya di sini hanya akan membahas tentang sejarah perangkat game nya saja yaitu konsol game mari saya bahas.

koreksi saya ya jika ada kesalahan ;)


nahhh pada gambar di atas merupakan konsol game pertama, video game mulai memasuki awal ke eraanya pada tahun 1966 an (maaf pada saat itu saya belum lahir jadi tidak tahu kebenerannya xD makannya saya hanya mencarinya melalui sumber terpecaya hehehe). ide-ide bermunculan dan kreatifitas dalam video game pun berdatangan dan kebanyakan atau sebagian besar di motori oleh para mahasiswa (cielah mahasiswa pusing sama PI dan skripsi aja masih jadi motor dalam video game xD) tapi mereka membuatnya pada waktu luang mereka dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada fakultas mereka teknik informatika dikampus konsol game bear yang prototype nya di beri nama brown box, kemudian meluncurkan sebuah konsol game bernama Magnavox Odysey (red, Mei 1972) alatnya seperti pada gambar yak dan tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia.

Nah gambar di atas merupakan console video game ke-dua(Generasi kedua) tahun 1976 bernama atari-26001 hehehe  pada eranya (generasi kedua) bukan hanya ini saja lho hanya saja atasri merupakan primadona pada saat zamannya dulu, dan sodara-sodaranya antara lain Fairchild Channel F, Atari 26000, Magnavox Odysey ver 2, Atari 5200. oh iya di generasi ini biasa disebut dengan era awal 8-bit atau kurang lebih 4-bit


Tahun 1983 adalah tahun dimana generasi ketiga terlahir (yaelah bahasanya :D) dengan beredarnya japan family computer atau yang lebih dikenal dengan FAMICOM mungkin kita mengenalnya dengan nama Nintendo Entertaiment System sekarang ini. Walaupun pada generasi sebelumnya menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka "bit", oh iya di ere ini lha terjadi perang perusahaan konsol game antara NINTENDO dengan SEGA.


kalian tahu gambar diatas adalah konsol game apa?? :D hanya anak 90'an kebawahlah yang tahu ini konsol game apa :3 kalau kamu lahir ditahun 90'an kebawah tapi tidak mengetahui konsole game ini wahhh wkwkwk bukan gamer situ berarti :D, di generasi ke-empat ini adalah generasi emas atau masa keemasan bagi konsole game, kenapa? karena pada masa ini adalah masa 16-bit muncul dan membawaa perubahan drastis grafik, tata suara dan playgame. era ini juga kian memanas karena persaingan antara nintendo dengan sega. jadi kangen masa lalu :3 wkwkwk

tidak membutuhkan waktu lama untuk generasi kelima untuk hadir dalam kehidupan dalam dunia game(konsolenya) dimana hanya berlangsung 4-5 tahun saja, dengan di selenggarakannya Electronik Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convertion Center mengawali era nya 32-bit dan 64-bit. E3 merupakan ajang hiburan dan Game terbesar di amerika yang masih berlanjut hingga sekarang ini, selanjutnya Sony merilis Sony PlayStation (1995) atau biasa disebut PS yang dimana sering membuat anak-anak generasi 90'an degdegan jika fase awal game muncul :D kenapa?? karena jika awal game muncul lama ada kemungkinan logo PS di awal kedua tidak muncul dan itu membuat galau pecinta game pada anak generasi 90'a wkwwk maklum kasetnya bajakan semua :D kehadiran Sony Playstation di ikuti oleh Nintendo dengan merilis Nintendo 96 (1996) di persaingan ini untuk kali ini persaingan dimenangkan oleh Sony karena Nintendo tidak memutuskan untuk meng-uprage ke CD-ROOM dan tetap menggunakan catrridge dikarenakan developer lebih memilih menggunakan CD-ROOM karena biaya produksi yang lebih murah dan kapasitas media penyimpanan yang lebih besar, Sega pun merilis Sega Saturn tapi sayang persaingan Sega harus tersingkir oelh domisi Sony dan Nintendo padahal Sega Saturn ini sudah berbasis CD-ROOM dan memiliki 8 processor :(


konsole game generasi KeEnam dibuka dengan peluncuran konsole terakhir Sega yaitu Dreamcast(1999). fitur game ini memiliki fitur game online dan merupakan konsole game dengan 128-bit pertama, sayangnya Sega harus hengkang dari dunia game alias gulung tikar. Dua tahun kemudian menggeber PS2, disusul oleh Nintendo dengan GameCube-nya keduanya menuai kesuksesan yang hampir imbang, yahhh meski PS2 menduduki peringkat yang paling atas wkwkwk.

pada generasi ini Microsoft melencurkan konsole game XBOX 360, Sony dengan PS3-nya dan Nintendo dengan Wii-nya. pada generasi ini konsole game memiliki grafis 3D yang sangat real dan memiliki fitur seperti layaknya komputer yaitu di lengkapi dengan Wifi dan koneksi Internet sehingga bisa bermain secara multiplayer meski berbeda ruang. oh iya di generasi ini sitem Single-Player sudah mulai hampir ditinggalkan kerena hampir kebanyakan game yang tersedia bersifat MultiPlayer.

Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

nah sekian nih bahas tentang konsol game nya.
koreksi ya jika ada kesalahan :)

Referensi :
https://www.dmoz.org/Games/Video_Games/Console_Platforms
http://www.hongkiat.com/blog/evolution-of-home-video-game-consoles-1967-2011/
http://www.tiki-toki.com/timeline/entry/151244/History-of-Gaming-Consoles#vars!date=1967-01-28_13:37:27!

0 komentar:

Posting Komentar